Beranda ---- Ribuan Pelajar Terima Beasiswa dari Baznas

Ribuan Pelajar Terima Beasiswa dari Baznas

23
0
BERBAGI

Padang (PN)—Sebanyak 2268 pelajar se-Kota Padang kali ini terlihat berbahagia. Pasalnya, ribuan pelajar mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA yang berasal dari keluarga kurang mampu di kota itu menerima bantuan beasiswa Program ‘Padang Cerdas’ dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang.

Sebagaimana diketahui, bantuan pendidikan dengan total Rp1.473.200.000 itu didistribusikan di dua tempat, yakni di Kantor Baznas Kota Padang dan juga di Masjid Agung Nurul Iman. Kali ini Selasa (26/9/2017), diserahkan langsung Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo di Masjid Agung Nurul Iman.

Walikota berpesan, diharapkan seluruh pelajar agar terus giat menimba ilmu di sekolah dan jangan sampai meninggalkan kewajiban shalat lima waktu. Sementara bagi para orang tua juga diminta untuk senantiasa memotivasi dan mengawasi aktifitas yang dilakukan anak-anaknya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita tidak ingin ada satupun anak yang putus sekolah di kota ini. Alhamdulillah, di samping pendidikan gratis yang sudah diterapkan, semoga masalah keterbenturan biaya bagi pelajar dari keluarga kurang mampu juga bisa diatasi melalui pemberian beasiswa ini,” ujar Mahyeldi dalam kegiatan yang menghadirkan 355 murid dengan didampingi orang tuanya masing-masing tersebut .

Walikota juga menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat berterima kasih kepada Baznas Kota Padang yang tahun ke tahun terus memberikan bantuan beasiswa pendidikan. Selain itu ia pun juga mengapresiasi berbagai program sosial lainnya yang dilakukan oleh Baznas bagi warga Kota Padang sejauh ini.

“Ini sesuatu yang harus kita syukuri. Semoga ke depan Baznas diberikan kemampuan oleh Allah swt untuk senantiasa membantu masyarakat terutama bagi generasi muda calon pemimpin bangsa ini ke depan,” tukas walikota agamis itu, seraya menyuarakan dan mengingatkan para generasi muda untuk melaksanakan “Program 1821” yang baru-baru ini dicanangkan Pemko Padang tersebut.

Sementara itu Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso menyebutkan, beasiswa ini merupakan bahagian Program Padang Cerdas Baznas yang tiap tahunnya disalurkan bagi murid-murid yang berasal dari kurang mampu di Kota Padang.

“Upaya ini untuk membantu meringankan beban pelajar dari keluarga kurang mampu dan terutama sekali menghindari angka putus sekolah di Padang,” terangnya.

Adapun terkait rincian beasiswa yang disalurkan di 2017 ini Epi menyebutkan, untuk per-semesternya murid tingkat SD/MI per-orang menerima beasiswa sebesar Rp300.000, tingkat SMP/MTs Rp400.000 dan MA sebanyak Rp500.000.

“Namun demi mengingat lebih efektifnya, bantuan tersebut diserahkan langsung untuk dua semester,” menurutnya.

Ditambahkannya lagi, untuk penerima beasiswa kali ini di tingkat SD ada 1701 murid, MI 55 murid, SMP 372 murid, MTs 90 murid dan MA 50 murid.

“Kita tentu berharap, bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan sekolah bagi anak-anak dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya mengakhiri.

Adapun dalam penyerahan beasiswa tersebut juga dihadiri Ketua Baznas Sumbar Syamsul Bahri Khatib, Kepala Dinas Pendidikan Barlius serta pihak terkait lainnya. (tf/dv)

LEAVE A REPLY