Beranda ---- Pekerjaan Curang CV. Sulung Indo Persada, Sulap Batu Bata Jadi Kanstin.

Pekerjaan Curang CV. Sulung Indo Persada, Sulap Batu Bata Jadi Kanstin.

408
0
BERBAGI

PADANG(PN)—Pekerjaan curang untuk meraup keuntungan kembali dilakukan kontraktor nakal. Bukan saja maling volume,tapi juga memainkan material yang ada. Material yang dipasang tidak sesuai speksifikasi teknis semestinya. Pekerjaan curang ini terjadi pada paket pekerjaan Pemeliharaan Berkala Polder Kolam Retensi Danau Chimpago Collecting Pond, yang berada dibawah Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Satker Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Sumatera V.

Yangmana, Kontraktor Pelaksana Cv. Sulung Indo Persada (SIP), diduga dengan sengaja memasang kanstin taman yang tidak sesuai dengan spesifikasinya untuk meraup keuntungan. Hal itu terbukti, Saat tim media meninjau ke lokasi pekerjaan beberapa hari lalu, ditemukan taman yang seharusnya dipasang dengan kanstin, tapi malah dipasang batu bata yang disulap menjadi kanstin K-225 dibeberapa titik pekerjaan.

Trik kotor Cv. Sulung Indo Persada (SIP) menyulap batu bata menjadi kanstin K-225 guna meraup keuntungan besar jelas sudah melanggar ketentuan yang berlaku.
Anehnya, pekerjaan curang tersebut bisa luput dari pengawas petugas Kementrian PUPR Dirjen SDA Satker Operasi dan Pemeliharaan SDA Sumatera V

Dari beberapa kali tim media meninjau ke lokasi pekerjaan Pemeliharaan Berkala Polder Kolam Retensi Danau Chimpago Collecting Pond namun tidak pernah dijumpai pengawas/petugas Kementrian PUPR Dirjen SDA Satker Operasi dan Pemeliharaan SDA Sumatera V di lapangan.

Sanggat ironis, paket pekerjaan yang didanai dari APBN TA. 2017 dengan nilai tawaran sebesar Rp1.747.000.000 sanggat lemah pengawasan. Kementrian PUPR Dirjen SDA Satker Operasi dan Pemeliharaan SDA Sumatera V sudah lalai, membiarkan Cv. Sulung Indo Persada (SIP) bekerjaan seenaknya untuk melakukan praktek-praktek curang.
Hal aneh lainnya, pembuatan papan proyek yang asal-asalan, tidak mengacu pada standar semestinya. Selain ukurannya plang proyek yang kecil, tapi juga tidak mencantumkan nama konsultan supervisi (pengawas) dan konsultan perencana.

Untuk Paket pekerjaan Pemeliharaan Berkala Polder Kolam Retensi Danau Chimpago Collecting Pond ini, dialokasikan dana sebesar Rp1.940.000.000 melalui APBN TA.2017, dengan waktu pengerjaan selama 180 hari kalender, dimulai sejak 16 Juni 2017, dan akan berakhir pada 13 Desember 2017 mendatang.
Dari hasil lelang, Cv. Sulung Indo Persada (SIP) berada di rangking nomor enam dengan nilai tawaran Rp1.747.000.000 atau turun 9,95 persen dari nilai pagu anggaran/HPS sehingga berhasil menyingkirkan 40 peserta lainnya.

(Lihat disini : https://lpse.pu.go.id/eproc/lelang/pemenang/30369064)

Terkait dengan kondisi pekerjaan tersebut, pihak kompeten yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Satuan Kerja Balai Wilayah Sungai Sumatera V masih belum dapat dikonfirmasi. (Tim)

Tunggu berita selanjutnya…!!!

LEAVE A REPLY