Beranda ---- Museum Aditiyawarman Gelar Pameran Sejarah Pers Nasional di Minangkabau

Museum Aditiyawarman Gelar Pameran Sejarah Pers Nasional di Minangkabau

41
0
BERBAGI

PADANG (PN)—Melanjutkan berita sebelumnya Menjelang Hari Pers Nasional, Museum Adityawarman Tampilkan Koleksi 59 Suratkabar Dari Masa Ke Masa.

Pada hari jumat (01/12) museum Aditiyawarman sumbar mengadakan pameran “Sejarah Pers Nasional di Minangkabau”

Pembukaan langsung oleh Wakil Gubernur sumatera barat Nasrul Abit dan langsung peninjauan ke lokasi pameran.

Dalam kata sambutannya, Nasrul Abit menyampaikan harapan, hendaknya generasi pers yang sekarang mengikuti jejak langkah dan kiprah tokoh-tokoh Minangkabau yang sedari dulu telah berkiprah di kancah nasional di bidang pers.

“Yang membedakan generasi pers yang sekarang dengan generasi pers tempo doeloe lebih dalam hal pemanfaatan teknologi. Secara prinsip dan pemikiran, pers tempo doeloe dan zaman sekarang tidaklah berbeda,” papar wagub.

Tambahnya, bahwa tokoh-tokoh minangkabau sedari dulunya telah berkiprah secara nasional dibidang Pers. Jadi harapan kita agar generasi muda sekarang bisa menjajaki tokoh-tokoh kita tersebut, mungkin yang membedakan proses ilmu tekhnologinya, namun untuk pemikiran mungkin tidak beda.” jelas Wagub.

Nasrul Abit juga mengapresiasi iven pameran pers yang diinisiasi serta diselenggarakan oleh pihak UPTD Museum Adityawarman. Dengan adanya pameran ini, masyarakat luas lebih mengetahui perjuangan sejarah media di Ranah Minang.

Menurut Adi Saputra Kepala UPTD, pameran pers yang akan menampilkan aneka koleksi pers dari masa ke masa ini menjadi momentum untuk mengenalkan sejarah dan perjalanan pers Sumbar beserta tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangannya kepada generasi muda, khususnya di Sumbar.

Terselipnya unsur “kekinian dalam kekunoan” dalam pameran ini juga dapat mengubah imeg museum yang selama ini dianggap monoton dan kaku, sehingga mampu meningkatkan semangat dan antusiasme generasi muda untuk berkunjung dan belajar di museum.

“Ini semacam pemanasan atau warming up menjelang perayaan peringatan Hari Pers Nasional yang akan dipusatkan di Sumbar Februari 2018 mendatang,” ungkap Kepala UPTD Museum Adityawarman, Adi Saputra, di sela persiapan acara pembukaan. (red)