Beranda ---- Ketua DPRD Sumbar Anjurkan Jalin Komunikasi Atasi Masalah. Sebaliknya, Humas DPRD...

Ketua DPRD Sumbar Anjurkan Jalin Komunikasi Atasi Masalah. Sebaliknya, Humas DPRD Tutup Komunikasi, Buat Masalah

120
0
BERBAGI

PADANG (LN)–Anggota DPRD dengan segenap jajaran Pemerintah Daerah, Forkopimda, tokoh-tokoh masyarakat, lembaga sosial kemasyarakatan, lembaga keagamaan serta masyarakat di sumatera barat harus selalu menjaga hubungan silahturahmi.

Melalui silaturahmi yang baik maka komunikasi akan semakin mudah sehingga apapun permasalahan yang ada dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dapat diatasi sampai Ketua DPRD Prov. Sumbar, Hendra Irwan Rahim pada acara berbuka bersama (Buber) DPRD Sumbar, Senin (27/6)  di ruang sidang DPRD sumbar

Sambungnya, “Dalam menghadapi hari raya idul fitri ini, begitu banyak persoalan dan persiapan yang harus dilakukan mulai dari pengendalian harga kebutuhan pokok, pengamanan jalur mudik, pembayaran THR dan sebagainya.

Apabila persoalan ini tidak diantisipasi dengan baik, maka bisa berdampak munculnya gejolak. Untuk itu, marilah bersama saling membahu menciptakan suasana ramadhan dan menyambut hari raya idul fitri 1437 hijriah dalam suasana aman, nyaman dan penuh suasana kekeluargaan, ingat Hendra lagi.

Pada acara buber tersebut, nampak hadir Wagub Nasrul abit beserta istrinya dan beberapa orang kepala SKPD Sumbar. Sedangkan dari 65 orang anggota dewan yang ada, diperkirakaan tidak lebih dari 20 persen yang menghadirinya. Terjadinya kondisi itu, karena bertepatan dengan pelaksanaan kunker anggota dewan.

Disisi lainnya, apa yang baru saja disampaikan Ketua DPRD Prov. Sumbar, Hendra Irwan Rahim agar menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak ternyata tidak dijadikan acuan dan pedoman oleh Humas DPRD Provinsi Sumbar .

Yangmana, humas DPRD Sumbar dinilai “tebang pilih” kepada media/wartawan yang ada di Sumbar. Membatasi dan menolak media/wartawan dengan cara membodoh-bodohi berdalih pada peraturan yang tidak jelas ujung pangkalnya.

Akibatnya, setelah acara buber usai, puluhan wartawan dari berbagai media mingguan/online mendatangi Humas DPRD Sumbar mendatangi untuk mempertanyakan hal tersebut. Aksi wartawan itu disambut Kabag Kepala Bagian Publikasi dan Informasi DPRD Sumbar Edi Janur yang  didampingi Arsland Kasubag. Informasi dan Pengaduan Masyarakat.

Dalam pertemuan itu, Edi Janur menyampaikan, “Humas DPRD Sumbar selalu beruapaya untuk mengakomodir setiap media yang ada di Sumbar, namun karena keterbatasan anggaran maka tidak semua media yang bisa terakomodir”.

Disela Aslan, untuk publikasi kegiatan DPRD Sumbar hanya menggunakan media cetak (koran) sedangkan untuk media on-line (portal) tidak bisa karena sudah diatur dalam Pergub.

Anehnya, saat didesak wartawan untuk menunjuk Pergub tersebut, Aslan tidak bisa menunjukan peraturan tersebut dengan berupaya untuk menggelak-elak.

Disisi lain, Pimpred Figur News (www.figurnews.net) Syafrizal mengatakan, Humas DPRD Sumbar selama ini berlaku “tebang pilih”, tidak transparan dan selalu berupaya membatasi media yang  masuk. Mereka (humas) hanya mengakomodir wartawan/media yang mempunyai hubungan emosional kedekatan saja. Terindikasi, adanya kongkalingkong untuk memainkan anggaran publikasi tersebut, papar syafrizal curiga.

Prilaku oknum humas ini, jelas tidak sesuai dengan apa yang pernah dilontarkan Hendra Irwan Rahim yang pernah berjanji untuk mengakomodir secara maksimal media/wartawan yang ada di Sumbar, kata Syafrizal sambil mengingat pertemuan wartawan/media dengan Hendra Irwan Rahim beberapa bulan lalu saat maju menjadi calon gubernur Sumbar di depan wartawan mingguan dan on-line di Imam bonjol Padang.  (tim)

LEAVE A REPLY