Beranda ---- Arus Lalu Lintas Padat Merayap di Kawasan Objek Wisata Harau

Arus Lalu Lintas Padat Merayap di Kawasan Objek Wisata Harau

73
0
BERBAGI

Limapuluh Kota (PN)—Suasana arus lalu lintas di wilayah hukum Polres Kab 50 Kota hari ini mengalami peningkatan, Polres Kab 50 Kota terapkan rekayasa arus lalu lintas. Libur semester l tahun ajaran 2017 / 2018 yang juga bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru 2018.

Tampak kenderaan roda 2 dan mobil pribadi bernopol luar Sumbar berduyun masuki Sumbar. Sebagaimana terlihat padatnya arus pengunjung di Kelok Sembilan mengarah ke objek wisata Harau.

Ribuan pengunjung dari dalam dan luar Sumbar tampak padat menikmati keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa yang tersaji di Lembah Harau. Selain itu, usaha kuliner Pondok Sanjai juga ramai kunjungan untuk berbelanja.

Bertepatannya libur sekolah dengan libur Natal dan Tahun Baru 2018, antrian panjang kenderaan di beberapa titik ruas jalan, tak terelakan lagi. Tidak hanya di pusat perbelanjaan dan pasar, kemacetan juga tampak di beberapa persimpangan.

Dari pengamatan yang kami lakukan di lapangan, beberapa titik macet tampak dari arah Kota Payakumbuh menuju Pekanbaru. Macet sudah tampak terjadi di pusat pasar Payakumbuh, perempatan Kaniang Bukit, perempatan Tanjung Anau, pertigaan By Pass Tanjung Anau-Payobasung.

Kemacetan tampak parah di perempatan Tanjung Pati. Pihak Kepolsian Resort Kab. 50 Kota terliat fokus melakukan pengamanan lalu lintas di titik ini.

Sebagaimana diterangkan kapolres Kab. 50 Kota melalui Kanit Regiden, Ipda Atmaji Sugeng. W, STK yang kita wawancarai, pada Ahad sore ( 24/12).

“ Kita akui arus kenderaan yang melintasi wilayah hukum Polres Kab. 50 Kota saat ini mengalami peningkatan. Meningkatnya arus disebabkan libur sekolah, Natal dan tahun baru 2018. Dalam libur, beberapa ruas macet sudah kita tempatkan beberapa orang personil sebagaimana yang telah ditetapkan pimpinan. Tampak kemacetan terjadi dibeberapa titik objek wisata, seperti di persimpangan kantor bupati menuju Harau, perempatan Tanjung Pati menuju objek wisata Taram. Termasuk di Kelok Sembilan,” terang Kanit Regiden.

“Untuk mengantisipasi kemacetan, kita sudah terapkan sistem buka tutup seperti yang terlihat saat ini. Selain itu, kita juga telah terapkan pengalihan dan rekayasa arus lalu lintas. Pengalihan arus sudah kita mulai sejak pagi. Pengendara dari Pekanbaru kita anjurkan melewati jalur dari Ketinggian menuju arah Batu Balang via Boncah terus menuju Taram dan masuki jalur Bypass Kota Payakumbuh. Setiap titik macet, personil sudah ditempatkan.

Pengamanan estra akan kita gelar hingga pasca tahun baru. Kita selalu menghimbau, agar pengendara patuhi aturan berlalu lintas. Kalau capek dianjurkan untuk beristirahat, agar hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi,” pesan Kanit Regiden Atmaji

Pengamatan hingga malam ini, kenderaan masih ramai terlihat masuki ruas Kota Payakumbuh. Areal parkir yang tersedia di Kota Batiah ini juga tampak dipadati kenderaan luar bernopol luar Payakumbuh, untuk mencari kuliner dan santapan makan malam.(ul)

LEAVE A REPLY